Wisatawan Malioboro Makin Terbiasa Terapkan Protokol Kesehatan

bus-trans-jogja-melintas

Kedisplinan dan kesadaran para wisatawan dalam penerapan protokol kesehatan tampaknya kian meningkat. Mereka menjadi semakin terbiasa dengan prinsip-prinsip 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Hal itulah yang bisa disaksikan di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto mengatakan saat ini terdapat 40 westafel yang disedikan oleh UPT untuk melayani kebutuhan cuci tangan masyarakat dalam hal penyediaan fasilitas protokol kesehatan di tempat wisata.

Meski tidak memantau satu persatu, Ekwanto menilai terjadi kebiasaan baru masyarakat di era saat ini.

“Orang merasa aneh saat ini kalau tidak memakai masker. Begitu juga dengan kebiasaan mencuci tangan,” katanya, kepada Tribunjogja.com, Jumat (20/11/2020).

Ia mengatakan, masyarakat sekarang sudah banyak yang sadar untuk mencuci tangan saat berada di tempat kerumunan. Khusus di Malioboro, indikasi tersebut dilihat dari kebutuhan air bersih yang disedikan setiap harinya.

“Itu setiap harinya kami suplai dua kali untuk 40 westafel. Artinya airnya kan berkurang. Berarti wisatawan menggunakan air itu untuk cuci tangan,” ungkap Ekwanto.

Ia berharap setiap wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sesuai anjuran dari gugus tugas Covid-19 Kota Yogyakarta

sumber: https://jogja.tribunnews.com/2020/11/22/wisatawan-malioboro-makin-terbiasa-terapkan-protokol-kesehatan.

x